Mendengar nama Yamaha yang terbayang motor - motor nan
ciamik. Namun, di ajang Tokyo Motor Show 2013, Yamaha menampilkan sesuatu yang
berbeda yakni sebuah mobil konsep.
MOTIV.e, demikian nama mobil konsep ini, seperti dilansir dari Carscoop, adalah mobil konsep yang diperuntukan sebagai mobil dalam kota. Dalam pembuatannya, Yamaha menggandeng desainer terkemuka. Gordon Murray ( desainer terkenal mobil Formula 1 dan McLaren F1 road car ).
Mobil ini akan mengandalkan teknologi All-New Electric Powertrain yang sandingkan dengan mesin 25kW ( 33hp ) dengan daya jelajah hingga 100 mil ( 161 km). Untuk mengisi penuh baterai dari Motiv dibutuhkan waktu hingga 3 jam dengan menggunakan soket dan 1 jam menggunakan quick charger.
Motiv mampu berlari hingga 105 km/h ( 65 mph ) dan mampu mencapai kecepatan 100 km/h ( 62 mph ) dengan waktu 15 detik. Motiv memiliki berat 730 kg ( 1,609 lbs ) dan panjang 2,690mm ( 105.9in ), lebar 1,470mm ( 57.9in ) dan tinggi 1,480mm ( 58.2in ).
MOTIV.e, demikian nama mobil konsep ini, seperti dilansir dari Carscoop, adalah mobil konsep yang diperuntukan sebagai mobil dalam kota. Dalam pembuatannya, Yamaha menggandeng desainer terkemuka. Gordon Murray ( desainer terkenal mobil Formula 1 dan McLaren F1 road car ).
Mobil ini akan mengandalkan teknologi All-New Electric Powertrain yang sandingkan dengan mesin 25kW ( 33hp ) dengan daya jelajah hingga 100 mil ( 161 km). Untuk mengisi penuh baterai dari Motiv dibutuhkan waktu hingga 3 jam dengan menggunakan soket dan 1 jam menggunakan quick charger.
Motiv mampu berlari hingga 105 km/h ( 65 mph ) dan mampu mencapai kecepatan 100 km/h ( 62 mph ) dengan waktu 15 detik. Motiv memiliki berat 730 kg ( 1,609 lbs ) dan panjang 2,690mm ( 105.9in ), lebar 1,470mm ( 57.9in ) dan tinggi 1,480mm ( 58.2in ).
Yamaha memiliki sejarah panjang di industri mobil. Misalnya,
Yamaha mengembangkan mesin untuk Toyota 2000GT ( 1967 – 1970 ), salah satu ikon
mobil sport di Jepang . Yamaha juga mengembangkan mesin empat silinder untuk
Toyota Celica, V6 3.0 - liter untuk Ford Taurus SHO, dan mesin V8 untuk Lexus
LFA dan berbagai produk Volvo.
Keputusan Yamaha untuk segera memasuki cabang roda empat disemua lini adalah kejutan bagi sebagian orang. Tapi mengingat portofolio Yamaha yang sudah membangun beragam sepeda motor, ATV, mobil salju, dan berbagai usaha four-wheel-nya, membangun mobil bukanlah menjadi hal yang sulit bagi pabrikan ini.
Pada ajang EICMA Show 2013 lalu, Yamaha juga meluncurkan Tricity urban commuter. Mobil roda tiga ini bahkan sudah dijadwalkan akan segera di produksi pada akhir tahun 2014 mendatang.
Mobil pertama Yamaha akan menjadi sebuah mobil compact dengan dua tempat duduk yang didukung dengan mesin 1.000cc. Jika benar mobil ini didukung oleh mesin 1.000cc, maka bisa dipastikan mesin tersebut ada kaitannya dengan mesin YZF-R1.
Keputusan Yamaha untuk segera memasuki cabang roda empat disemua lini adalah kejutan bagi sebagian orang. Tapi mengingat portofolio Yamaha yang sudah membangun beragam sepeda motor, ATV, mobil salju, dan berbagai usaha four-wheel-nya, membangun mobil bukanlah menjadi hal yang sulit bagi pabrikan ini.
Pada ajang EICMA Show 2013 lalu, Yamaha juga meluncurkan Tricity urban commuter. Mobil roda tiga ini bahkan sudah dijadwalkan akan segera di produksi pada akhir tahun 2014 mendatang.
Mobil pertama Yamaha akan menjadi sebuah mobil compact dengan dua tempat duduk yang didukung dengan mesin 1.000cc. Jika benar mobil ini didukung oleh mesin 1.000cc, maka bisa dipastikan mesin tersebut ada kaitannya dengan mesin YZF-R1.
Dikabarkan Motiv kan diluncurkan pada tahun 2016. Eropa akan
menjadi target pasar dari Yamaha Motiv. Apakah Motiv akan benar-benar terlahir?
Menarik kita tunggu.
Source : sportku.com & republika.co.id
0 comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.